omicron
source: kompas.com, Penyemprotan disinfectan

Lockdown Lokal Kabupaten Malang Karena Omicron, Kapan?

Lockdown Lokal Kabupaten Malang Karena Omicron, Kapan?

Warta Jawa Timur- Varian baru virus Covid-19, Omicron masuk ke Kabupaten Malang. Seorang warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, berinisial LI, 30, dinyatakan positif. Perempuan yang sudah berkeluarga itu kini berada di sel isolasi dan dirawat di shelter Rusunawa Kepanjen.

Dari informasi yang didapat, untuk memutus mata rantai virus varian baru tersebut, Pemkab Malang dan Muspika Singosari langsung melakukan lockdown setempat. “Selama seminggu, 14-21 Januari,” kata seorang warga yang meminta namanya tidak disebutkan.

Hal itu ditegaskan Kadinkes Kabupaten Malang, drg. Arbani Mukti mengatakan pihaknya segera bergerak cepat menangani kasus Omicron pertama di Kabupaten Malang. “Pada Jumat (14/1) pagi, pasien dijemput oleh tim puskesmas dan dibawa ke shelter Rusunawa,” ujarnya.

Sore harinya hasil swab PCR positif. Hasil CT pasien LI rendah dan hasil laboratorium LI Unair Surabaya dinyatakan positif Omicron. “Pasien dan seluruh kontak keluarga dekatnya dikarantina di shelter apartemen Kepanjen,” kata Arbani.

tes pcr
image source: kompas.com

Dan hari ini, pelacakannya diperluas untuk mencari kontak dekat dengan wawancara dengan orang yang terkena dan tes swab PCR. Jika ditemukan kontak dekat lain yang positif, mereka akan segera dikirim ke shelter Rusunawa untuk memutus rantai penularan.”, simpulnya.

Informasi Update Omicron

Pandemi virus corona belum berakhir dan sejumlah negara masih berjuang melawan virus corona penyebab Covid-19. Memasuki pekan kedua tahun 2022, kasus infeksi varian baru Covid-19 atau Omicron di Indonesia menunjukkan peningkatan. Kepala Divisi P2P Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia mengungkapkan, tercatat 180 kasus penularan lokal varian Omicron di Jakarta hingga Jumat (14/1/2022), di mana 73 kasus tambahan terjadi sejak sebelumnya. kasus. “Dari 725 (total kasus Omicron) orang yang terinfeksi, 75% atau hingga 545 orang adalah wisatawan asing, sedangkan 180 lainnya adalah siaran lokal,” kata Dwi kepada Kompas.com, Jumat (14/1/2022). Berdasarkan data real-time Worldometers pada Sabtu (15/1/2022) pagi, total kasus virus corona global, yaitu: Total kasus positif: 323.749.418 Total pasien sembuh: 265.228.522 Total kematian: 5.546.279

Baca Juga  Mengatur Pola Hidup Sehat

Omicron di Indonesia

Update virus Corona di Indonesia diketahui kasus Omicron di Indonesia mengalami peningkatan. Berdasarkan update Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mulai Jumat (14/01/2022) malam, kasus klinis harian virus corona adalah sebagai berikut:

  1. Kasus penambahan infeksi harian: 850
  2. Kematian: 8 Pasien
  3. Pasien Penyembuhan: 353

Dengan penambahan angka tersebut, maka total kasus Covid-19 yang tercatat di Indonesia antara lain: 1. Total pasien positif: 4.269.740

2. Total kematian: 144.163

3. Total pasien sembuh: 4.117.700

4. Total kasus aktif: 7.877

Omicron di China

Dikutip dari Reuters, Jumat (14/1/2022), China menangguhkan puluhan penerbangan internasional pada Jumat, di tengah lonjakan global kasus Omicron. Mereka melaporkan transmisi lokal dari varian Omicron yang sangat menular di kota utara Tianjin dan tiga provinsi lainnya, tetapi tidak mengatakan berapa banyak kasus Omicron yang terdeteksi secara total. Namun, pihak berwenang telah memperingatkan bahwa Omicron meningkatkan risiko penularan Covid-19 karena lebih banyak orang kembali ke China dari luar negeri untuk liburan Tahun Baru Imlek.

Pemerintah kota Shanghai juga sangat membatasi kegiatan pariwisata untuk mencegah infeksi Covid-19 lokal. Kota-kota di seluruh China menjadi lebih waspada terhadap Covid-19 menjelang musim Tahun Baru Imlek pada bulan Januari dan persiapan untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang akan berlangsung pada 4 Februari. Atlet dan personel lain yang terlibat dalam Olimpiade kebanyakan tiba dengan penerbangan charter khusus dan segera memasuki lokasi isolasi ketat yang memisahkan mereka dari populasi umum.

Otoritas Pariwisata dan Kebudayaan Shanghai mengatakan agen perjalanan dan perusahaan pariwisata online harus berhenti mengatur tur kelompok masuk dan keluar dari Shanghai. Hal itu dilakukan karena pada Kamis (13/1/2022) terdapat 5 kasus infeksi yang ditularkan secara nasional, semuanya terkait kedatangan dari luar negeri. Sebagian besar kasus baru telah terdeteksi di provinsi tengah Henan, di mana varian Omicron dan Delta menyebar, dan di Tianjin.

Baca Juga  Simak Sejarah PERBASI, Organisasi Bola Basket Di Indonesia

Omicron di Eropa

Mengutip laporan berita DW, Jumat (14/1/2022), Badan Kesehatan Masyarakat Jerman atau Robert Koch Institute (RKI) menyebutkan ada 92.223 kasus baru dalam kurun waktu 24 jam. Jumlah ini lebih banyak 35.888 dari yang tercatat pada Jumat lalu yang mencapai 56.335 kasus. Ada 286 kematian lagi karena Covid-19, sehingga total kematian yang dilaporkan di negara itu menjadi 115.337.

RKI mengatakan varian omicron terus menyebar dengan cepat dan menyumbang 73% dari kasus yang baru terdeteksi. Menurut data RKI dari 14 Januari tahun lalu, tercatat lebih dari 1.244 kematian sementara kejadian dalam tujuh hari mencapai 151 kasus per 100.000 orang.

vaksin
image source: kompas.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.