whatsapp business
Beralih ke Whatsapp Business

Ganti Whatsapp Jadi Akun Bisnis, Simak Cara Mudahnya !!

Warta Jawa Timur – Apakah Anda merasa perlu memisahkan pesan pribadi dan pekerjaan Anda di WhatsApp? Caranya mudah, cukup buat akun WhatsApp Business. Jangan khawatir, pesan Anda di akun WhatsApp Messenger Anda tidak akan hilang jika Anda memindahkannya ke akun WhatsApp Business Anda selama Anda mengikuti langkah yang benar. Perlu diketahui bahwa WhatsApp Business adalah aplikasi WhatsApp yang berfokus pada fitur bisnis, seperti “Profil Perusahaan” dan perpesanan otomatis. Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh secara resmi dari toko aplikasi ponsel Anda.

Pertanyaannya, bagaimana cara beralih ke akun WhatsApp bisnis tanpa menghapus pesan di aplikasi WhatsApp Messenger? Simak langkah-langkah berikut!

whatsapp business
Whatsapp business mulai tersebar, bagaimana cara beralihnya?

Cara beralih ke akun WhatsApp / WhatsApp bisnis

1. Pastikan Anda telah mencadangkan semua pesan Anda.

Langkah-langkah untuk membuat cadangan pesan:

Buka WhatsApp Messenger > buka menu “Setelan/Setelan/Setelan” > pilih “Obrolan/Pesan”> klik “Cadangan Obrolan/Cadangan Pesan”> klik “Cadangan/Cadangan”.

2. Download aplikasi WhatsApp Business di Google Store/Play Store.

3. Masuk menggunakan nomor telepon WhatsApp Anda.

4. Verifikasi nomor dengan kode OTP.

5. Pilih jenis media dan preferensi untuk pesan yang akan diambil dari riwayat obrolan yang dicadangkan (dicadangkan).

6. Tunggu hingga proses pemulihan data selesai.

7. WhatsApp Bisnis telah diaktifkan.

Sedikit catatan, tidak ada fitur yang dapat memindahkan semua informasi Anda dari WhatsApp Business ke WhatsApp Messenger. Untuk ini, pertimbangkan baik-baik apakah Anda ingin beralih dari akun WhatsApp pribadi ke akun bisnis.

Baca Juga  Ini Metode Untuk Lacak Nomor HP Orang Lain

Whatsapp Business: fitur, manfaat, dan cara mudah mewujudkannya untuk bisnis Anda
Setiap pengguna WhatsApp pasti pernah dihubungi oleh akun perusahaan yang memiliki Business Whatsapp atau Business WA. WhatsApp versi bisnis pertama kali dirilis pada tahun 2018 dan dirancang khusus bagi para pengusaha dan perusahaan untuk dapat menyampaikan informasi kepada setiap konsumennya.

Saat ini, Whatsapp Business telah menjadi salah satu fitur yang harus dimiliki oleh brand dan pebisnis lainnya. Jika Anda adalah seseorang yang sedang memulai bisnis maka ada baiknya segera membuat akun Whatsapp Business agar dapat berkomunikasi dengan lancar.

Pada Februari 2020 saja, Whatsapp Bisnis memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan. Ini berarti bahwa kami hampir yakin bahwa pelanggan Anda yang penasaran akan dapat menghubungi Anda dengan mudah terlepas dari tujuan mereka.

Jadi, bagaimana cara mendapatkan Whatsapp Bisnis? Apa saja kelebihan dan fitur yang dikandungnya?

Kenali WhatsApp Bisnis

Whatsapp Bisnis adalah aplikasi messaging yang dibuat khusus untuk memudahkan interaksi pebisnis dengan pelanggannya. Seperti yang diungkapkan WhatsApp di situs resminya bahwa Whatsapp Business dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan pemilik usaha kecil untuk dapat berhubungan secara pribadi dengan konsumennya. Kemudian, WhatsApp versi lain juga mendapat sambutan yang baik, terutama di kalangan pebisnis online.

Sejak pertama kali diperkenalkan dalam versi beta pada September 2017, aplikasi ini mulai diminati para pebisnis. Ini karena WhatsApp sebenarnya menjadi salah satu platform komunikasi yang paling banyak digunakan. Kehadiran Whatsapp Business dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan cara berkomunikasi yang tepat bagi para pelaku bisnis khususnya yang online. Aplikasi ini akan membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual, membantu para pelaku bisnis dalam mempromosikan produk dan layanan mereka, dan dengan cepat menjawab berbagai pertanyaan konsumen.

Baca Juga  Setelah Gempa 6,6 SR, Akan Ada Gempa Besar Susulan Kembali Mengguncang Jakarta?

Fungsionalitas Whatsapp Perusahaan

1. Profil perusahaan

Di bagian profil Whatsapp Business dimungkinkan untuk melihat informasi yang berkaitan dengan toko, deskripsi, jam buka toko, alamat yang terintegrasi dengan peta, produk atau layanan yang ditawarkan, informasi melalui email, situs web, dan bahkan media sosial. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan foto profil seperti logo perusahaan, agar lebih profesional.

2. Respon cepat

Katakanlah ada beberapa pelanggan yang meminta informasi yang sama. Tentu harus bisa membalas pesan berkali-kali dan memakan waktu yang lama. untuk itu, fitur quick reply ini akan memudahkan kamu untuk berkirim pesan secara berulang-ulang. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengetik terlalu banyak untuk merespon chat pelanggan yang menanyakan informasi yang sama.

Dengan Quick Answers, Anda dapat membuat template yang berbeda untuk menghemat waktu mengetik saat menjawab pertanyaan atau obrolan pelanggan Anda. Anda hanya perlu mengetikkan pintasan.

3. Label

Anda dapat menyediakan grup pelanggan berdasarkan kategori dengan fitur label di Whatsapp Business Anda. Label pelanggan berdasarkan kelompok tertentu. Misalnya “pelanggan baru atau bisa dengan” preorder “,” belum dibayar “dan label lainnya. Anda dapat mengubah nama label ini lagi sesuai kebutuhan. Pelabelan ini juga akan memudahkan Anda untuk berdagang atau menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda.

4. Katalog

Anda dapat membuat katalog di akun profil Whatsapp Business Anda. Adanya fitur katalog ini akan mampu menampilkan foto produk hingga jumlah 500 foto. Kemudian, Anda dapat menampilkan dan membagikan produk di katalog untuk memudahkan pelanggan melihat apa yang ingin Anda jual.

5. Tautan pendek

Dengan menggunakan Whatsapp Business Anda dapat membagikan short link kepada pelanggan Anda, tujuannya agar mereka dapat langsung memulai chatting di akun Whatsapp Business Anda. Anda dapat membuat tautan pendek ini secara otomatis saat membuat akun di aplikasi bisnis Anda.

Baca Juga  Tips Sukses Bisnis Jualan Pulsa Murah, Modal Kecil Untung Gede!

6. Pesan otomatis

Fungsi ini sebenarnya hampir sama dengan fungsi quick response. Bedanya di pesan otomatis ini tidak perlu lagi mengetik apapun dan WhatsApp akan otomatis membalas pesan tersebut. Fitur ini akan sangat berguna ketika pelanggan Anda menelepon di luar jam kerja. Saat mereka memposting obrolan, mereka akan segera menerima respons obrolan dengan pesan otomatis yang Anda buat.

7. Transmisi

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengirim pesan ke banyak kontak yang sudah Anda miliki. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirimkan iklan atau informasi promosi kepada pelanggan dengan cepat dan mudah.

Keuntungan Whatsapp untuk Perusahaan

Dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkannya, Whatsapp Bisnis mampu memberikan berbagai keuntungan bagi sebuah perusahaan. Nah, berikut ini adalah fungsi Whatsapp Business untuk perusahaan.

1. Memfasilitasi komunikasi dengan pelanggan

Keuntungan terpenting menggunakan Whatsapp Business adalah bisa mendapatkan kemudahan saat berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan aplikasi ini, calon konsumen dapat menghubungi pelaku bisnis secara langsung.

Selain itu, berbagai fitur yang terdapat di dalamnya juga akan dapat secara otomatis membalas pesan seperti salam dan pesan singkat yang akan membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan.

2. Meningkatkan visibilitas perusahaan

Adanya fungsi katalog di Whatsapp Bisnis akan memudahkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk yang ingin mereka jual. Hal ini dinilai sangat praktis, karena pelanggan yang mengirim chat bisa langsung melihat berbagai produk yang sudah tersedia di katalog di platform yang sama. Hal ini tentunya dapat menunjang kebutuhan promosi bisnis.

3. Tingkatkan efisiensi

Jika semua fitur Whatsapp Business bisa dimaksimalkan, kinerja bisnis akan lebih lancar. Misalnya dengan memaksimalkan fungsi label, Anda sebagai pebisnis bisa lebih mudah memberikan kategori kepada pelanggan yang berada dalam kelompok tertentu, sesuai keinginan Anda.

Misalnya, Anda lebih mudah menghubungi pelanggan yang sebelumnya diberi label “belum dibayar”. Atau Anda juga bisa mengecek ulang pesanan dengan melihat pelanggan berlabel “pre-order”, dll. Dengan cara ini pekerjaan akan menjadi lebih terorganisir dan juga lebih efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published.